Senin, 21 November 2011

aku dan pekerjaan ku


                sejak aku SMP aku sudah sering diajak ayah untuk ikut dengan beliau mengajar di pesantren yang tak jauh dari rumah ku.. aku belajar dari beliau bagaiamana caranya mengajar yang baik. Bahkan aku sering mendengar pesan pesan dari ayah ku bahwa mengajar itu merupakan cara untuk mentransfer ilmu yang kita punya kepada orng lain, niatkan hanya untuk mendapat ridho Allah , niatkan agar ilmu kita menjdai ilmu yang bermanfaat.. ayah ku mengajar kaligrafi di pesantren itu, walaupun itu bukan satu-satunya sumber mata pencaharian ayah ku, namun beliau tetap mengejerjakan nya dengan sepenuh hati.. ayah ku mengajar di banyak tempat…
                sejak saat itu aku sudah terbiasa dengan yang namanya mengajar, walaupun awalnya susah, namun akhirnya terbiasa juga.. aku semakin semangat mengajar karena murid murid nya yang memiliki kemauan tinggi dalam belajar kaligrafi sehingat tak menyulitkan ku sama sekali, jadi tugas ku hanya mengarahkan saja…
kebiasaan itu terus berlanjut saat aku masuk SMA.. saat itu aku tak lagi mengajar di pesantren namun di madrasah perkebunan.. jaraknya memang cukup jauh, waktu mengajar hanya hari jumat dan masuk hanya dua minggu sekali.. seperti biasa awalnya aku diajak ayah ku mengajar, lama kelamaan ayah menyerahkan tanggung jawab itu kepada aku dan si rini…
kami yang terbiasa mengajar anak anak remaja yang punya kemauan tinggi, sekarang mengajar anak anak, sedikit repot, namun ini merupakan tantangan yang harus bisa kami lewati bersama rini.. gak mudah memang, Karena harus butuh perjuangan ekstra mengajar anak anak.. harus bisa menguasai kelas, harus bisa membuat suasana kelas menjadi menarik… waaaaahhhh cobaan niiiiiiii… tapi honornya Alhamdulillah lumayan gede saat itu.. 150 ribu sekali pertemuan.. heheheh lumayan buat uang jajan.. :D
naaaaahhhh saat kami masuk kuliah, tepatnya saat kami masuk semester 4 , kami di tawari mengajar di sekolah bertaraf internasional., yaaa di Shafiyyatul amaliyyah international school..  baru kali ni kami mengajar kaligrafi harus memasukkan lamaan pekerjaan, pake di tes tes segala.. (ini namanya ujian kenaikan tingkatan) hehehe.. setelah prose situ slsai, akhirnya kami diterima masuk di sekolah bonafit itu.. masalah honor, gak usah ditanyaaaa.. kami masuk Cuma hari sabtu, Cuma ngajar anak-anak selama 3 jam, honornya 450 ribu sebulan ples vocer belanja 50 rbu.. hmmm lumayankaan buat nambah nambah uang saku…
hmmmm kalo di SMP aku gak dapat banyak rintangan saat mengajar , saat SMA masalah bisa diatasi.. naaaahhh sekarang ni yang super kewalahan.. lhooooo kenapa bisaaa??
Di skolah tempat aku mengajar ini, siswa siswanya berasal dari keluarga yang super mampu, berlimpah harta, atau bisa disebut milyuner laah.. uang sekolah sebulan aja bisa dibandingkan dengan uang kuliah aku satu semester dikali kan beberpa kali lipat..  satu banding sepuluuh.. gila aja.. sebulan sekolah disana sama artinya bisa membiayai kuliah ku sampe tamat.. malah lebihhh ckckckck,,
Naaahh soal fasilitas, gak usah ditnya, sekolah se bonafit itu tentu sekolah yang punya fasilitas lebih dari memadai.. wah waaaaah… super deeeh..
Kenapa aku kewalahan ngajar distu?? Karena anaknya super manja, susah diatur, dan banyak tingkah, ada juga siswa yang memandang sepele sama guru.. dimarah gak bisa, ntar ngadu sama orang tuanya,. Gimana coba???? Dipukul apa lagi?? Waaaahhhh gak ada deh yang namanya pukul memukul dsana..
Sepele?? Hmmm iya!!! Mereka kadang beranggapan kalau mereka yang membayar gaji guru.. ckckckck,, smpe seperti itu yaaa… kadang2 bikin hati sebel aja,
Tapi gak semua kok mereka seperti itu, ada yang baik budi, rajin, penurut,, nah yang aku senengkan dsitu, kalau mereka ketemu sama aku, mereka gak pernah lupa tu salim salim tangan ku.. waaaahhh meresa di muliakan :D seru laah.. apalagi sekarang aku udah mulai masuk tahun pertama ngajar disana, alias udah setahun.. mereka udah pada kenal sama aku, aku juga mulai saying sama mereka, anak anak  ku yang lucu, manja kadang bikin sebel tapi ngangenin,,, padahal aku masuknya Cuma seminggu sekali..
Naaaaahh kenapa mereka itu wellcme sama aku dan rini, karena aku kembar sama rini, rini dan kakak tertua ku ngajar juga dsna.. jadi cepet dikenal anak anak…
Untuk soal kaligrafi aja ni, mereka gak mau tanggung2 ngeluarin duit buat ngebiliin alat2 menggambar atau mewarnai.. harga crayon mereka aja sampe 500 ribuuu.. ckckckck aku yang gak pernh liat sampe keheranan, soal kreatifitas hmmm mereka memang unggul dan gak pernah mati soal kreatifitas.. salut buat mereka.. mereka itu gak pintar tapi mereka cerdas..  soal gadget, jangan Tanya deeh.. ngiri bawa alat elektronik awak, kayak hp atau laptop depan mereka.. pegangannya macbook, BB playbook, sony vaio, ckckckck, canggih banget gak tuh.. kamera nyaaaa kamera DSLR nth tipe apa aku gak ngerti.. kayak fotograper tu lah pokonya.. itu anak SMP loooo.. anak SMA gimana??? Jangan Tanya, awak mati gaya ngajar dsana.. :D itu awalnya,, sekarang mah sudah terbiasa… kalau pulan gsekolah, hmmmmacet deh dsana,
Kegaiatan sekolah disana gak pernah monoton..  ntar setiap tahun mereka ngadaain study tour.. aku udah pernah ikut sama mereka2.. kalau disekolah biasa Cuma nyewa bus pariwisata paling banyak tu mngkin 10 .. nah dsni, ada 23 buuuus… gilaaaa,, sepanjang jalan kami digiring polisi.. waaahh kayak mobil presiden aja yng lewat,, seru lah ada bus pariwisata gedek gedek jalan beriringan sampe 23 .. ckckckck
Merekea juga ngadain study tour keluar negeri, jerman, ausy, jepang, belanda, eropa, widiiiiiiihhh enak gak tuu.. mereka juga ngadain homestay dsna.. waaahh hebat bener.. aktif banget ikut kegiatan yang berbau luar negeri.. buakn taraf nasional lagi.. luar negeriiii, pantes aja mahal uang sekolahnya, kegiatannya super abis..  liburan nya gak tanggung2,, 5 negara sekaligus.. weeeeeewwww…
Hmmmm mungkin menurut sebagian orang ini biasa, tapi menurut ku ini luar biasa, yaaa maklumlah sekolah awak dari SD, SMP, smpe SMA stndar nasional.. hehehehehe
Jadi setiap fase ngajar  ku, punya pengalaman pengalam baru.. semuanya menyenangkan,, dan semua nya punya kenangan kenangan tersendiri..  lucuuu…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar